Selasa, 18 Desember 2012

Manfaat lidah buaya sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu sebagai penyubur rambut. Berbagai penelitian berhasil mengungkap khasiat lidah buaya diantaranya untuk penyembuhan luka, perawatan kulit, bahan baku kosmetik, hingga makanan dan minuman kesehatan. Secara umum, lidah buaya adalah salah satu tanaman terpopuler di dunia yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi berbagai produk kesehatan dan kecantikan. Lidah buaya mengandung lebih dari 200 komponen aktif diantaranya vitamin, mineral, asam amino, enzim, mineral, polisakarida, dan asam lemak. Lidah buaya merupakan salah satu jenis tanaman sukulen, yaitu salah satu jenis tanaman yang dapat menyimpan air di dalam dagingnya. Dengan kemampuannya tersebut, tanaman ini mampu bertahan hidup di daerah yang kering dengan curah hujan rendah dalam waktu yang cukup lama.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

  • Melancarkan Pencernaan
khasiat lidah buayaPencernaan yang buruk biasanya terkait dengan banyak penyakit yang terdapat pada saluran cerna. Mengkonsumsi olahan lidah buaya dapat membantu mengurangi masalah pencernaan karena dalam lidah buaya mengandung serat yang cukup tinggi.
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Lidah buaya dapat meningkatkan sistem imun karena mengandung anti-oksidan. Anti-oksidan dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan proses penuaan dini.
  • Peradangan
Manfaat lidah buaya dikenal bersifat anti-inflamasi, atau dengan kata lain ia memiliki kemampuan untuk meredakan peradangan. Gel lidah buaya dapat mencegah atau menghentikan peradangan yang disebabkan oleh cedera, disfungsi kekebalan tubuh, dan banyak masalah lain.
  • Aloe Vera untuk Tumor dan Kanker
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa polisakarida yang terdapat di lidah buaya memiliki sifat anti-tumor. Lidah buaya akan membantu memperkuat sistem imunitas tubuh dan memberikan kontribusi untuk penghancuran tumor Kanker.
  • Aloe Vera untuk Penderita Diabetes
Studi klinis menunjukkan bahwa Aloe Vera memiliki sifat anti-diabetes. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa kadar gula dalam darah puasa menurun secara bertahap pada pasien diabetes yang mengkonsumsi lidah buaya selama tiga bulan.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan

Dalam penggunaannya untuk bidang kecantikan, manfaat lidah buaya dapat membantu menghilangkan jerawat, detoksifikasi kulit, menghilangkan bekas luka, melembabkan kulit, serta membantu proses peremajaan kulit. Belum banyak yang tahu beragam manfaat yang terkandung dalam lidah buaya, sehingga pemanfaatannya menjadi kurang optimal yang hanya dimanfaatkan sebagai penyubur rambut saja.

0 komentar:

Posting Komentar

Sample Text

Follow Us on Facebook



JOIN WITH US

Popular Posts